Puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 di Kabupaten Mandailing Natal dilaksanakan pada tanggal 19 November 2018. Tema HKN ke-54 kali ini adalah “Aku Cinta Sehat” dengan sub tema “Ayo Hidup Sehat, Mulai dari Kita”. Tema tersebut sejalan dengan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang menekankan pada kesadaran setiap individu untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Istilah “Mulai dari kita” diharapkan akan dapat mengubah wajah kesehatan di Negri kita tercinta khususnya Kabupaten Mandailing Natal. Diharapkan peringatan HKN ke-54 merupakan momentum untuk mengubah gaya pelayanan kesehatan dari kuratif menjadi preventif dan promotif, sehingga seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Mandailing Natal lebih banyak memiliki kegiatan di lapangan dekat dengan keluarga dan masyarakat.

Sebelum puncak peringatan HKN ke-54 ini, berbagai rangkaian kegiatan  dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal seperti lomba meracik obat tradisional, lomba penyuluhan imunisasi dengan peserta anak sekolah dasar, lomba merangkai buah dan sayur dengan peserta dari OPD setempat, lomba senam lansia, serta hiburan dan aneka lomba antar bidang di Dinas Kesehatan. 

Pada peringatan HKN ini juga diluncurkan Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Mandailing Natal. PSC 119 merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan. Tujuannya adalah untuk mempercepat penanganan dan pertolongan pada korban yang membutuhkan penanganan segera seperti pasien serangan jantung di rumah, korban kecelakaan, korban bencana alam. Masyarakat dapat menghubungi call center 119 jika mengalami suatu kejadian yang membutuhkan penanganan segera. Call centre akan menanyakan dimana lokasi kejadian berada dan akan mengarahkan Ambulans 119 atau Puskesmas yang dekat dengan lokasi kejadian untuk segera meluncur ke lokasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *