Pertemuan Forum Koordinasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2018

Saat ini Indonesia tengah mengalami transisi epidemiologi penyakit yang ditandai dengan meningkatnya angka kematian dan angka kesakitan akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti jantung, stroke, gagal ginjal, diabetes dll. Hal ini terutama disebabkan oleh perubahan gaya hidup masyarakat yang ingin serba cepat dan praktis. Misalnya dari segi menu makanan, masyarakat saat ini cenderung memilih makanan yang siap saji yang belum tentu memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh, ditambah lagi kebiasaan merokok. Hal ini diperparah dengan minimnya aktifitas fisik yang dilakukan karena mudahnya mengakses barang atau produk yang diinginkan tanpa harus pergi ke tokonya langsung, hanya dengan memencet tombol keyboard di layar handphone semua yang diinginkan bisa diantar langsung ke tempat.

Angka penyakit tidak menular di Indonesia saat ini menunjukkan angka yang menghawatirkan, pada tahun 2016 tercatat prevalensi penderita Hipertensi sebanyak 30,9%, Obesitas 33,5%. Jumlah penderita PTM di Kabupaten Mandailing Natal  tahun 2017 juga menunjukkan angka yang tidak sedikit, penderita hipertensi  sebanyak 2.916 atau sebesar 29,98%, sedangkan Obesitas sebanyak 267 penderita  atau 2,75%.

Dampak meningkatya kejadian PTM adalah meningkatnya pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat dan pemerintah, menurunnya daya saing negara yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat. Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa, untuk itu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik. 

Forum Koordinasi Germas Kabupaten Mandailing Natal, 10 Juli 2018 di Aula Hotel Rindang Panyabungan

Sesuai intruksi Presiden No.1 Tahun 2017 tentang Germas bahwa gerakan ini sebagai salah satu perwujudan dari Revolusi Mental yang dicanangkan Presiden kepada semua pimpinan daerah, pimpinan institusi pemerintahan dan masyarakat, untuk melaksanakan kegiatan Germas di lingkup tanggung jawab masing-masing. Ada 6 fokus Kegiatan utama dalam Germas antara lain seperti (1) melakukan aktifitas fisik, (2) mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari, (3) cek kesehatan rutin 6 bulan sekali untuk mendeteksi dini penyakit, (4) tidak merokok, (5) tidak mengkonsumsi alkohol, (6) membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban sehat.

Forum Koordinasi Germas Kabupaten Mandailing Natal, 10 Juli 2018 di Aula Hotel Rindang Panyabungan

 

Sebagai awal dilaksanakannya program nasional tersebut, di Kabupaten Mandailing Natal dilakukan Pertemuan forum koordinasi untuk terlaksananya implementasi Germas di Kabupaten Mandaiing Natal, Forum ini dilaksanakan di Aula Hotel Rindang Panyabungan pada tanggal 10 Juli 2018 dan dihadiri oleh Lintas Sektoral terkait OPD Pemda Kabupaten Mandailing Natal. Dengan terlaksananya pertemuan tersebut diharapkan adanya komitmen dari lintas sektor dalam mendukung kegiatan Germas dengan adanya wujud nyata dari kegiatan-kegiatan yang langsung dapat menggerakkan masyarakat agar mau melaksanakan ke-enam kegiatan Germas tersebut.

Kontributor: Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat

Editor: Subbag Program, Informasi dan Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*